Instalasi Theme pada wordpress

Saya sebetulnya lebih asik ngeblog lewat Blogger/Blogspot. Namun, malam ini ada teman yang pengen tahu cara instalasi theme buat wordpress ya sudahlah saya bantu dengan mempostingkan tutorial ini diblog saya itung-itung buat nambah trafic juga ^_^. Ya sudah langsung ke cara instalasinya saja kalau begitu.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk instalasi WordPress:

Login ke CPANEL hosting anda.

Anda dapat memilih instalasi WordPress melalui menu Fantastico.

Kemudian pilih WordPress pada bagian Blogs.

Opsi instalasi akan ditampilkan di sebelah kanan. Silakan klik pada link New Installation. Keterangan disk space required adalah kapasitas pada hard-disk yang dibutuhkan untuk WordPress dan disk space available adalah kapasitas hard-disk yang tersedia. Pastikan kapasitas yang tersedia masih mencukupi.

Kemudian anda akan diminta mengisi data-data sebagai berikut:

    * Pilih domain yang akan digunakan, atau gunakan default saja.
    * Direktori dimana WordPress akan diinstall, misalnya: wp. Jadi weblog anda nantinya akan diakses dengan alamat http://www.namadomain-anda.com/wp. Untuk isian ini bisa dikosongkan.
    * Admin access, digunakan untuk login admin pengelolaan WordPress. Tentukan username dan passwordnya.
    * Selanjutnya pada Base Configuration, isikan nickname Admin, email Admin, Nama Website, dan Deskripsinya.
    * Pada email configuration, isikan username dan password CPANEL anda.
    * Klik tombol Install WordPress.

Kemudian di halaman konfirmasi instalasi, klik tombol Finish Installation. Setelah itu anda bisa klik HOME untuk kembali ke halaman depan dari CPANEL anda.

Instalasi telah selesai, silakan lihat hasil instalasi anda melalui alamat website anda, misalnya: http://www.namadomain-anda.com/wp. wp adalah dimana WordPress diinstall seperti yang anda isikan pada konfigurasi instalasi langkah sebelumnya. Kemudian anda bisa melanjutkan untuk konfigurasi weblog anda. Caranya adalah dengan login sebagai admin.

Buka web browser baru, masukkan alamat website anda ditambahkan nama direktori dimana WordPress diinstall, dan tambahkan direktori wp-admin. Susunan alamatnya adalah sebagai berikut: http://www.namadomain-anda.com/wp/wp-admin. Silakan masukkan username dan password untuk Admin.

Weblog anda ternyata masih menggunakan theme default dari WordPress, tentunya anda ingin sesuatu yang berbeda, anda bisa melihat-lihat koleksi theme WordPress di website http://themes.wordpress.net/.

Apabila anda sudah menentukan pilihan untuk theme tertentu, silakan klik download untuk menyimpan theme tersebut ke komputer anda. Setelah itu ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mulai memasang theme baru anda.

Kembali ke CPANEL anda, silakan klik File Manager. Setelah itu akan muncul pop-up window baru yang menampilkan susunan direktori di hosting anda.

Anda akan melakukan upload file theme yang tadi anda download di folder public_html/wp/wp-content/themes. Untuk masuk ke direktori public_html silakan klik icon bergambar kotak berwarna kuning. Dan seterusnya untuk masuk ke direktori wp, wp-content dan themes.

Klik pada gambar panah ke atas berwarna hitam untuk melakukan upload di folder tersebut, yaitu folder themes.

Kemudian klik pada browse untuk memilih file theme yang akan diupload dan klik tombol Upload.

Setelah proses upload selesai maka akan muncul notifikasi seperti pada gambar.

Dan file yang anda upload akan ditampilkan di struktur direktori.

Karena file theme yang baru saja anda upload dalam bentuk terkompresi .zip, maka klik pada nama file theme baru anda, untuk proses dekompres.

Dan di sebelah kanan akan muncul menu seperti pada gambar, silakan pilih Extract File Contents.

Kemudian akan muncul pop-up window baru yang menampilkan detail proses dekompres. Window pop-up silakan ditutup.

Klik link themes untuk merefresh tampilan susunan direktori terbaru. Proses upload theme baru anda telah selesai, silakan kembali ke weblog anda dengan masih berada pada halaman Admin.

Pada dashboard WordPress weblog anda, silakan klik menu Presentation.

Semestinya pada current theme adalah theme default dari WordPress, dan dibawahnya terdapat available theme, salah satunya adalah theme yang baru saja anda upload. Silakan klik pada theme baru anda.

Untuk melihat hasil instalasi theme baru anda, silakan klik menu View Site.



Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat bagi yang membutuhkan.


Artikel yang Siap Dinikmati 

1 comment:

kekyone said...

Trims atas bagi2 pengetahuannya, sbg pemula blognya sangat membantu saya

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

 
Powered by Blogger