Virus OS Symbian

Symbian merupakan sistem operasi ternama dikalangan ponsel. OS ini banyak digunakan untuk ponsel kelas menengah keatas dan beberapa kelas menengah kebawah. Bagi pengguna OS Symbian ada kabar kurang mengenakan untuk anda. Pasalnya, beberapa hari kemarin  NetQin sebuah perusahaan keamanan mengingatkan mengenai bahaya virus baru yang menyerang ponsel cerdas berbasis Symbian.

Menurut perusahaan tersebut, virus ini sulit dideteksi karena menyamar di dalam game ponsel. Beberapa platform Symbian yang menjadi incaran virus tersebut terdiri dari versi S60 3rd Edition, serta S60 5th edition atau Symbian OS 9.4.

Virus tersebut terdeteksi bernama ShadowSrv.A, FC.Downsis.A, BIT.N dan MapPlug.A, jenis virus ini mendompleng game yang ada di ponsel Symbian. Ketika game ini dijalankan, virus itu langsung mengambil alih ponsel dan menyusupkan Malware.


Setelah mengambil alih ponsel dan menyusupkan malware maka  virus akan mengirim pesan ke semua kontak secara langsung, dan mengirim pesan ke nomor telepon acak dengan menghubungkannya ke server. Pesan tersebut berisi URL yang disebut berisi konten seperti video Piala Dunia atau acara televisi populer, yang sebenarnya adalah situs yang dipenuhi virus. Setelah itu, virus akan menghapus pesan yang dikirimkan dari kotak keluar termasuk log SMS.

NetQin memperkirakan terdapat 100 ribu ponsel di seluruh dunia sangat rentan terhadap virus ini. Salah satu penyebab utamanya adalah, banyaknya aplikasi yang membanjiri ponsel cerdas dalam beberapa tahun terakhir.

Modus virus dengan menyisipkan malware yang ditujukan untuk smartphone ini bukanlah hal yang baru. Pada akhir 2009, NetQin juga pernah menemukan sebuah botnet bernama iKee yang mampu menyerang iPhone
Bagaiman?? Silahkan cek dan scan ponsel anda siapa tahu anda termasuk orang yang beruntung,hahahaha ^_^
Lihat juga:
Unlock Ponsel Nokia
Kode Rahasia Ponsel Segala Jenis

1 comment:

Blogger said...

I have been using AVG security for a number of years now, and I'd recommend this product to all you.

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

 
Powered by Blogger