TENTANG LINUX

Satu hal terpenting sebelum melakukan segala sesuatu dengan Linux adalah membuat akses baru selain root dan menggunakannya untuk login. Biasakan untuk menghindari penggunaan akses root ketika login sesering mungkin kecuali ketika akan melakukan perawatan atau konfigurasi sistem karena ketika kita login sebagai root maka tidak ada batasan bagi kita untuk berbuat apapun dengan sistem Linux kita seperti menghapus semua file dan hal-hal lain yang sebenarnya tidak perlu dilakukan.

Apabila diperlukan kita dapat mendapatkan akses root sementara dengan perintah su dan memasukkan password root kita. Untuk kembali menjadi pengguna biasa gunakan perintah exit (perintah ini juga dapat digunakan untuk kembali ke prompt login:).


Sebagai pengguna biasa kita mempunyai akses yang terbatas dan tidak akan dapat melakukan kesalahan fatal hanya karena sebab-sebab yang sederhana yang dimungkinkan apabila kita menggunakan akses root.

Login pertama

Setelah menyalakan komputer dan memilih linux pada prompt LILO: maka akan keluar serangkaian diagnosa yang berjalan dengan cepat. Apabila pada saat diagnosa terdeteksi error tetapi kita masih mencapai prompt (setiap distribusi berbeda tampilannya):

Linux kernel 2.0.36

hostname login:

Maka error tersebut untuk sementara dapat diabaikan dahulu. Untuk mengetahui proses diagnosa tersebut gunakan perintah dmesg.

Masukkan login:root dan masukkan password. (apabila kita langsung masuk tanpa ditanya password gunakan perintah passwd untuk membuat password baru, hal yang sama berlaku apabila kita ingin merubah password).



Membuat pengguna baru

Sebagai root gunakan perintah adduser untuk membuat pengguna baru.

Contoh: adduser namasaya untuk membuat pengguna dengan login namasaya

Kemudian buatlah password untuk pengguna tersebut dengan perintah passwd namasaya (jangan hanya menggunakan perintah passwd karena itu berarti mengganti password login kita sendiri dalam hal ini passwd root).

Keluarlah dari sistem dengan perintah exit lalu login kembali dengan login baru kita tersebut. Apabila ingin mengganti password lagi gunakan perintah passwd saja karena kita sudah login sebagai pengguna baru tersebut.

Apabila dibutuhkan kita dapat mendapat akses root sementara dengan perintah su dan memasukkan password root.



Me-restart dan mematikan komputer

Untuk me-restart sistem Linux keluarlah dulu sampai ke prompt login (untuk mencegah ada proses yang tersisa) dan tekan Ctrl-Alt-Del. Hindari mematikan komputer dengan tombol reset atau tombol Power karena dapat mengakibatkan hilangnya data atau kacaunya sistem partisi Linux. Tetapi jangan terlalu khawatir seandainya komputer kita mati karena mati lampu atau kegagalan listrik/perangkat keras lainnya karena pada saat booting kembali maka Linux akan otomatis menjalankan perintah fsck untuk memperbaiki sistem partisinya. Kita juga dapat menggunakan perintah fsck untuk memeriksa kondisi sistem partisi Linux kita. Bacalah manualnya dengan perintah man fsck.

Selain menggunakan Ctrl+Alt+Del kita dapat menggunakan perintah shutdown (loginlah sebagai root apabila diperlukan). Perintah shutdown ini mempunyai banyak sintaks tambahan tetapi yang paling penting adalah:

o shutdown –r now : membuat komputer kita restart saat itu juga

o shutdown –h now dan tunggu hingga keluar prompt: System Halted untuk mematikan komputer kita.

Daftar Perintah dalam Tutorial Awal - Sebelum Memulai

Passwd, dmesg, adduser, fsck, shutdown
Selamat mencoba ^_^.

1 comment:

BEBEK 007 said...

Terima Kasih banya bang gonks, berkat informasinya kom saya sudah bisa di pake lagi :)

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

 
Powered by Blogger