Tips Merawat Baterai Blackberry dan Handphone


Mungkin pengguna Blackberry dan smartphone lain banyak yang mengeluh tentang ketahanan baterainya, mulai dari yang mudah habis hingga baterai yang cepat rusak. Baterai yang dipakai dihandphone sekarang mayoritas adalah jenis li-ion atau lithium ion yang memiliki kualitas dan daya tahan yang lebih bagus serta lebih awet.

Meski baterainya lebih awet namun jika digunakan di blackberry dan smartphone pasti akan cepat habis dan drop kapasitasnya. Berikut ini ada beberapa tips untuk menjaga baterai agar lebih awat dan nyaman digunakan. baik langsung saja berikut ini silahkan disimak semoga bermanfaat .

1.Ketika anda men-charger awal biasanya selalu disarankan 4-8 jam ,sebetulnya charger jaman sekarang hampir semua sudah menggunakan pemutus arus apabila mencharger berlebihan, tetapi tetap saja aliran listrik masuk ke baterai anda.
Menurut saya alangkah lebih baik baterai awal dicharger tidak lebih dari 4 jam,tentunya bergantung dari kapasitas batrenya,tetapi biasanya semakin besar kapasitas baterai maka kapasitas chargernya semakin besar(menggunakan charger original).

2.Dalam  men-charger baterai, rata-rata hampir sama yaitu indikator baterai akan full dalam 2 jam charger,dari beberapa sumber dikatakan alangkah lebih baik anda biarkan beberapa menit dari semenjak indikator baterai full sebelum anda mencabut charger. Saran saya sebaiknya tunggu sampai adaptor dingin baru dicabut handphone atau balckberrynya.

3.jangan pernah memasang baterai apabila Handphone atau blackberry anda tidak digunakan dalam jangka waktu lama. Saya sarankan untuk menguras habis isi batre lalu kemudian baru cabut batre dari  handphone atau blackberry,sehingga ion2 didalam dalam keadaan kosong.

4.jangan pernah charger baterai dalam tempo yang lama, biasanya supaya praktis sebelum tidur colok adaptor kemudian bangun tidur baru dicabut, dan hal tersebut adalah salah.S ekali lg meskipun adaptor anda mempunyai pemotong arus,tetapi ion listrik akan tetap masuk dan mengakibatkan baterai kelebihan daya/listrik dan akibat yang sering dilihat adalah baterai kembung.

5.Kurangi aktivitas handphone atau blackberry atau jangan digunakan untuk telepon saat di-charger  , hal ini dilakukan agar pengisian baterai dapat berjalan normal dan lebih awet.

6.Penggunaan baterai external, hal ini selalu menjadi perdebatan,karena beberapa pihak mengatakan akan merusak baterai sampai merusak IC power handphoneatau blackberry anda,secara logika memang bisa terjadi,karena kebanyakan pengguna handphone dan blackberry menggunakan charger portabel dengan aktivitas yg berat,sehingga listrik yg masuk semakin banyak,kemudian mengakibatkan baterai panas,dan menjalar ke IC power yg mengakibatkan over heating dan konslet ringan,hal ini yg bisa mengakibatkan kerusakan. Saran saya kurangi aktivitas ketika mencharger.dan yang terpenting apabila menggunakan charger portabel adalah segera mencabut setelah indikator menunjukan baterai full.

7.Umur baterai biasanya menggunakan hitungan berapa ribu kali baterai tersebut dicharger(masuk listrik),sehingga muncul pendapat bahwa menggunakan charger mobil akan cepat merusak baterai.
yang sebenarnya terjadi adalah sering kali mematikan dan menyalakan mesin yang mengakibatkan charger terputus dan menyambung lagi, hal ini mengurangi umur baterai karena dihitung per sekali masuk listrik,selain itu juga daya charger mobil yg terlalu besar dan mengakibatkan baterai over heating  (panas) ,hal ini bisa dicegah dengan melihat berapa ampere charger original kita kemudian sesuaikan dengan charger mobilnya  , tidak harus sama tetapi jangan terlalu berlebihan atau bahkan kurang. misalkan charger kita 0,5ampere, jangan memilih charger yang mengeluarkan 2 ampere,karena pasti akan kelebihan beban,apilih yang lebih sesuai.misalkan 0.7 ampere.

8. Apabila saat charging kemudian mati lampu,lebih baik cabut chargeran dan gunakan baterai sampe habis dahulu baru dicharger, hal ini berguna untuk memperpanjang umur baterai.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat dan membuat anda semakin nyaman menggunakan gadget dengan baterai yang tidak mudah habis dan rusak tentunya.

19 comment:

Anonymous said...

pada saat low battery (di baterainya warna merah ) kan biasanya muncul led hijau oranye, mengapa bb saya langsung mati, padahal baterainya masih 1 petak lagi ( kuning) ?

Gonks ^_^ said...

Kemungkinan yang terjadilah adalah baterai anda sudah drop atau kebalikannya bb anda yang cepat menyerap daya baterai sehingga ketika baterai dalam masa kritis bb otomatis mati,,, untuk masalah lampu led tidak semuanya muncul pertanda lampu jadi mendi gunakan aplikasi meterberry untuk mengetahui berapa persen baterai anda dan berapa jam baterai anda kuat bertahan....
semoga membantu ^_^

Anonymous said...

kalau baterai sudah kembung, apa yang bisa saya lakukan?

Gonks ^_^ said...

yang bisa dilakukan adalah beli baterai lagi bos ^_^v
ya, memang kalo baterai kembung sudah nggak bisa diperbaiki karena isi didalamnya sudah overload dan bocor jadi meskipun masih digunakan dia nggak akan bisa nyimpan daya yang lama ^_^

Anonymous said...

Awalny batrai  saya dcharger cm 2jam plng lama tp stlh jatuh mjd 5jam baru full..itu knp y?

Unknown said...

bagaimana cara membwt btre bb kita agr than lbh lama.. Dn apakan batre bb yg original itu di jual.. Mhon bri jwaban. Thx

felix said...

saya punya 2 baterai bb ,
tapi yang 1 nya mw saya simpen..
gimana cara nyimpen baterai bb dalam jangka waktu yang lama??
apa harus dikosongkan atau gimana??

pixma software said...

wah infonya bagus banget gan
sekalian ane dah follow blog agan
jangan lupa follback yaaaa gan :)
http://pixmasoftware.blogspot.com/

industry maintenance said...

terima kasih pak lumayan buat tambah pengetahuan.

human resources said...

wah boleh juga ni pak tips dan trik nya mas.terimakasih pak sudah berbagi.

Armstrong Ceiling said...

kalau isu bahwa nyalain mp3 sambil ngecharge bisa merusak baterai benar tidak pak?

Motivator Bisnis said...

Saya pun baru ganti baterai baru.mudah-mudahan habis baca tips ini,baterai android saya bisa awet.

printing said...

keren nih pak tipsnya.sepertinya cas pertama kali juga mempengaruhi ketahanan baterai

alat berat said...

wah makasih pak tipsnya.saya salah dong selama ini saya sering ngecas sambil saya pakai internetan

water filter said...

baterai android saya gampang panas.Padahal baru di charge full.Sejam kemudian sudah mati.Kenapa ya pak?

Furniture Jakarta said...

terimakasih mas tipsnya,punya saya sering banget lowbat

Jasa Internet Marketing said...

mantap pak tipsnya.kalau matiin GPS dan paket WiFi juga bisa menghemat baterai ya pak?

palti said...

gan,saya kan gak make bb lebih dari 1 bulan tapi batrenya saya pasang, nah sekarang kalo di charge gak hidup hidup. Tolong di balas ya gan, thx

LOVELYZ TRILOGY said...

mantap jiwa
power supply hp

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

 
Powered by Blogger