ReadMore atau baca Selanjutnya

Penampilan menarik adalah hal penting dalam pempublikasian blog. Rapi dalam penulisan artikel adalah salah satu yang utama untuk menunjang ketertarikan pengunjung dalam membaca artikel disuatu situs atau blog. Nah, disinilah fungsi pemenggalan kalimat (atau biasa disebut ReadMore) menjadi penting dan mungkin bisa berdaya guna bagi pengunjung dan juga pengelola blog.

Jadi seperti berikut ini langkahnya

         * Sign in seperti biasa di blogger dengan id milik anda


    * Klik Setting


    * Klik Formatting


    * Pada layar paling bawah, ada text area kosong disamping tulisan Post Template, isi tesxt area kosong tersebut dengan kode di bawah ini :



<div class="fullpost">


      </div>
     


    * Klik tombol yang bertuliskan Save Settings

      Pemasangan kode ini di maksudkan agar pada saat posting artikel, kode tersebut langsung muncul tanpa harus menuliskan terlebih dahulu, jadi membantu kita agar tidak harus selalu mengingat kode tersebut.

Langkah selanjutnya yaitu menambahkan kode pada template, silahkan ikuti langkah berikut :

    * Klik menu Dasboard


    * Klik menu Layout


    * Klik menu Edit HTML


    * Klik tulisan Download Full Template

    * Silahkan save dulu template tersebut, ini di maksudkan untuk mengurangi resiko apabila terjadi kesalahan ketika melakukan editting pada template, kita masih punya back up data untuk mengembalikannya seperti semula

    * Beri tanda centang pada kotak di samping tulisan Expand Widget Template, sekali lagi jangan lupa beri tanda centang dulu yah, sebab kalau tidak, nanti akan tidak sesuai dengan langkah selanjutnya


    * Tunggu beberapa saat ketika proses sedang berlangsung


    * Silahkan Sobat cari kode berikut pada kode template milik sobat :


   

<div class='post-body'>
     


    * Copy kode HTML di bawah ini kemudian paste di bawah kode tadi

          

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>


<style>.fullpost{display:inline;}>


      <p><data:post.body/></p>


      <b:else/>


      <style>.fullpost{display:none;}>
     

     

    * Kemudian lihat kebagian bawah sehingga terlihat kode berikut ini :

          

<p><data:post.body/></p>


     


    * Copy kode HTML di bawah ini kemudian paste di bawah kode tadi

               

<a expr:href='data:post.url'>Read More......</a>


      </b:if>
     

     



    * klik tombol bertuliskan Save Template

    * Selesai.


Cara Posting Artikel

    * Klik menu Posting


    * Klik menu Edit HTML, maka secara otomatis tampak kode yang telah kita setting tadi, yakni :


               

<div class="fullpost">



      </div>
     



    * Tulisankan artikel yang ingin tampak pada blog sebelum kode :

              

<div class="fullpost">




    * Tulis keseluruhan sisa artikel sesudah kode di atas tadi dan sebelum kode :

           

</div>




    * Klik tombol bertuliskan PUBLISH POST


    * Klik tulisan Open New Window untuk melihat hasil dari postingan kita, kemudian lihat apakah hasilnya sukses atau tidak. Jika tidak, mungkin ada bagian yang terlewatkan. Coba lihat kembali langkah diatas


    * Selamat mencoba ^_^
Baiklah... kembali ke topik awal yaitu tentang menu Read more..., agar sedikit mengerti akan saya tuliskan kode dasar dari posting, yaitu :









>






Perhatikan baik-baik kode di atas, itu merupakan kode asli dari template sobat sebelum di otak-atik. Jika sobat mengikuti langkah-langkah yang pernah saya tulis, maka kode nya akan berubah seperti ini:














Read more.....






Kode di atas sengaja di bedakan warnanya, warna biru merupakan kode asli dari template, warna merah merupakan kode yang harus di tambahkan. Yang perlu sobat hati-hati adalah kode ini :





Kode di atas harus di pastikan ada dua tidak boleh ada satu karena jika ada satu maka postingan sobat bisa hilang semuanya, akan tetapi sebenarnya seluruh postingan tidak hilang, akan tetapi tidak di perlihatkan alias di sembunyikan. Postingan di perlihatkan dan di sembunyikan karena kode :







{display:inline;} artinya di tampilkan, dan {display:none;} artinya jangan di tampilkan alias sembunyikan dan kode inilah apabila salah pemasangan mengakibatkan semua postingan menjadi tidak di tampilkan, jadi apabila di satukan dari seluruh kode, maka kira-kira seperti ini :

Tampilkan postingan

Jangan tampilkan postingan

Tampilkan postingan apabila di klik link Read more...


Langkah yang tak kalah pentingnya yaitu sobat harus memasang kode Readmorenya pada tab Edit HTML jangan pada tab Compose, serta kode Read more... harus selalu di tutup. Contoh pemasangan kode read more... pada artikel seperti ini :

Ini adalah tulisan pada paragrap pertama yang akan muncul di halaman muka blog, paragrap - paragrap lainnya akan muncul apabila pengunjung blog meng klik link untuk membuka keluruhan artikel.



Paragrap yang kedua, ketiga dan seterusnya harus di tempatkan di sini, jangan di tempatkan sebelum kode readmore, jangan lupa untuk menutup kodenya ya..



Maka nanti yang akan muncul hanyalah paragrap atasnya saja yakni seperti ini :

Ini adalah tulisan pada paragrap pertama yang akan muncul di halaman muka blog, paragrap - paragrap lainnya akan muncul apabila pengunjung blog meng klik link untuk membuka keluruhan artikel.
Read more...

Sudah lebih fahamkah? bagi sobat yang belum berhasil ada baiknya untuk mencobanya kembali. Satu hal yang harus sobat ingat yaitu selalu membuat backup data template sebelum mencoba otak-atik kode template, karena jika terjadi kesalahan semisal seluruh postingan menghilang maka jangan bingung dan merasa panik, sobat tinggal Upload kembali backup data template yang sudah di simpan pada komputer kita sebelum melakukan otak-atik, dan hasilnya nanti akan sedia kala seperti sebelum sobat melakukan edit kode template. Jadi jangan pernah jera untuk mencobanya. Mau mencoba kembali?

2 comment:

Admin said...

sip...
pi kok tetep g bisa y kang...

Gonks ^_^ said...

Wah . . mungkin tu masalah pada template dari blog kamu coba di cek :D

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

 
Powered by Blogger