Efek Teknologi Komunikasi


Teknologi komunikasi, hm,,,, yang terbayang dibenak ini pastilah tentang internet, handphone, telephone, dan informasi. Komunikasi merupakan kebutuhan dan juga kemampuan paling dasar yang dimiliki manusia, tanpa komunikasi mungkin dunia ini tidak hidup dan juga tidak ada lagi kata-kata pintar, pandai, dan lain-lain. Dalam artian secara tata bahasa komunikasi adalah sebuah proses dimana adanya pertukaran informasi dari satu orang ke-orang yang lain baik itu secara peer to peer (satu lawan satu), golongan, atau pun sudah mencakup kelingkup yang lebih luas. Pada umumnya komunikasi memanfaatkan bahasa lisan atau dikenal dengan komunikasi ferbal. Namun, untuk seorang indifidu yang diberi kebatasan kemampuan lisanya maka banya cara yang digunakan, seperti isyarat tangan, mulut, tubuh dan lain-lain yang biasanya disebut dengan bahasa nonverbal.


Teknologi komunikasi merupakan tata cara pemanfaatan teknologi untuk pertukaran informasi. Teknologi komunikasi ini ada dua yaitu teknologi komunikasi analog dan digital. Untuk teknologi komunikasi analog atau tradisional yang biasa kita lakukan antara lain dengan berbicara, memberi isyarat dengan bunyi ataupun yang serang tanda. Dan yang sekarang telah dikembangkan adalah teknologi komunikasi digital, ya teknologi komunikasi digital inilah yang sekarang membawa banyak efek baik positif maupun negatif. Teknologi komunikasi digital sendiri memiliki artian teknologi yang berbasis sinyal elektrik komputer, sinyalnya bersifat putus-putus yang dibaca dengan menggunakan sistem bilangan biner. Dan sekarang berkembang menjadi tekonologi internet, telepon, sms dan banyak lagi yang lain.


Teknologi komunikasi memberikan efek yang signifikan dalam mobilitas kehidupan baik secara segi positif dan negatif. Dimulai dari efek positif yang ditimbulkan oleh teknologi komunikasi antara lain adalah semakin cepatnya pertukaran informasi yang didapat satu orang dengan orang lain sehingga menjadikan orang lebih pintar, kritis dan berwawasan luas. Teknologi komunikasi digital ini pun sekarang sudah mulai merambah ke bidang-bidang kehidupan manusia antara lai pendidikan, perdagangan, bisnis, dan lain-lain. Segala aspek penting ini semakin berketergantungan dengan perkembangan teknologi yang ada. Dari awalnya hanya menggunakan kentongan untuk memanggil orang sekarang sudah ada handphone, internet, dan juga alat komunikasi berbasis teknologi dan informatika lainnya untuk menyampaikan informasi dari satu orang ke orang lain. Dalam berdagang dulu kita harus punya lapak atau toko namun sekarang kita hanya butuh pengetahuan tentang internet lalu menjual foto-foto barang yang anda jual, selain gampang , murah dan tentunya juga tidak melelahkan. Ya, itulah efek  positif dari perkembangan teknologi komunikasi.


Efek Negatif dari teknologi komunikasi belakang tampak nyata dengan semakin malasnya orang-orang berkumpul dengan tetangga, hilangnya rasa solidaritas dan gotong royong yang dulu menjadi kebanggaan dari bangsa ini. Belum lagi ketika kita berbicara teknologi komunikasi digital pasti disana yang terbayangkan adalah alat elektronik yang dimana semua itu beresiko terpancarnya radiasi yang dapat merusak sel-sel tubuh dan bahkan bisa menjadikan penyimpangan genetika.

Yups, seperti itulah efek teknologi komunikasi yang selalu mengiringi kehidupan ini mulai dari yang bersifat tradisional sampai ke yang modern seperti handphone, komputer, dan lain-lainnya. Semoga kita sebagai pelaku pemanfaatan teknologi komunikasi dapat memanfaatkan secara bijak dan bertanggung jawab.

0 comment:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

 
Powered by Blogger