Tips dan Trik Cek Pin dan Imei Blackberry

Blackberry,  vendor dadakan yang langsung meledak dipasar gadget dan handphone ini sangat melejit kepopulerannya. Banyak seri produk yang langsung menjadi gadget idaman dan banyak diingini oleh customer yang gila gadget. Apa sih yang unik dari Blackberry ini? Selain brand marketnya yang menawan ternyata blackberry ini memiliki nomer unik buat tiap penggunanya. Nomer unik ini yang biasa disebut dengan PIN.


Ya, kali ini artikel saya akan membahas tentang bagaimana cara mengecek PIN dan IMEI yang belakangan ini banyak yang sama atau hasil kloningan dari PIN pengguna yang lain dan hal ini sangat menyebalkan serta merugikan para pengguna Blackberry itu sendiri. Dan banyak pula yang dibuat replikanya oleh beberapa produsen gadget lokal yang cara atau tips nya bisa Anda lihat di artikel saya cara membedakan handphone asli dan replika


Apakah PIN BlacBerry itu ?

- PIN di BlackBerry itu adalah penanda unik yang membedakan BlackBerry milik Anda dengan BlackBerry milik orang lain.
- PIN itu hampir sama seperti IMEI
- PIN itu hampir sama seperti YM id … bisa dipakai untuk ngobrol dengan PIN BlackBerry yang lain.


 Buat apakah PIN itu ?

- PIN dan IMEI BB sama seperti “Username” dan “Password” Anda untuk LOGIN atau CONNECT
- LOGIN / CONNECT kemana ? Ke “Blackberry.net” alias ke RIM. Servernya Blackberry biasanya anda beli perpaket harian/ mingguan/ bulanan.
- Kalau bisa LOGIN / CONNECT maka tulisan di BB bukan “GSM / gprs kecil / edge kecil” tapi “GPRS / EDGE”.
Kalau yang udah 3G ada tulisan 3G + logo BB, kalau cuman 3G aja tanpa logo BB itu artinya belum conect.
- Untuk berinternet dari BB saja (browsing, chatting), PIN tidak perlu didaftarkan ke [operator].Blackberry.com
- Pendaftaran PIN + IMEI ke [operator].Blackberry.com itu hanya untuk PUSHMAIL.


 Apa itu PIN SUSPEND & Gejalanya ?

- Artinya Anda tidak ada ijin untuk masuk “blackberry.net” atau tidak bisa ber-internet-an.
- Blackberry masih bisa dipakai internet, tapi seperti biasa kena tarif GPRS (padahal Anda sudah beli paketnya).


Caranya: Setting di “Options – Advanced Options – TCP”  masukin APN – Username – Password sesuai Operator anda masing-masing.

- BlackBerry masih bisa dipakai nelpon n SMS.
 

Apakah Penyebabnya PIN Suspend ?
1. BlackBerry diperdagangkan secara “ilegal”.
2. BlackBerry dilaporkan sebagai barang curian telah di laporkan sebelumnya oleh yg punya BlackBerry bahwa BlackBerry nya hilang/ lenyap.
3. Rim dari BlackBerry punya alasan khusus untuk me SUSPEND pin tersebut.
 

 Amankah PIN anda & Bagaimana cara pengecekannya ?

1. Masukkan SIM card yg sudah aktif layanan BlackBerry nya.
2. Buka [operator].blackberry.com dari BB/PC atau pilih icon “Email Settings” di BlackBerry.
3. Pilih “Create New Account”.
4. Lalu Masukkan PIN dan IMEI.
5. Kalau sudah aman langsung masuk ke menu, tp klu SUSPEND “PIN is Suspended".

::: Cara lain untuk mengecek PIN BlackBerry Anda aman atau tidak, perhatikan waktu membeli :

1. Cocokkan imei dan PIN di stiker bagian belakang dekat batere dengan imei di dalam unit yang dapat Anda cek ketika BlackBerry menyala ( tekan alt+A+H bersamaan), bila tidak sama, bisa dipastikan PIN nya merupakan cloningan atau generate. Bila sama, maka lanjutkan ke langkah kedua.

2. Dengan mengecek IMEI dengan bantuan website pengecekan Imei Internasional, yaitu di International Numbering Plans, © 2001-2010 disana kita dapat memasukkan imei yang tertera di unit blackberry Anda, disana akan menunjukkan kalo imei yang Anda masukkan terdaftar resmi (bisa dipastikan PIN atau IMEI kita bukan merupakan generate dari tangan “kreatif “), dengan ada nya data jenis handset dan sebagainya.

Tapi kalau respons dari server seperti ini “Note: Please check the IMEI number. The entered number is invalid. [Err 901]“, maka bisa dipastikan bila blackberry anda menggunakan PIN dan IMEI generate dan bersiaplah sewaktu2 jika PIN anda ter SUSPEND.


  Ciri Ciri Blackberry Yang di Cloning.

Ciri-ciri Blackberry yang telah di cloning dan aktif bersamaan :
1. Karena terjadinya double PIN, layanan akan bentrok.
2. Bisa menggunakan BlackBerry Messenger tetapi kadang kadang error.
3. Email Push juga bermasalah jadi kadang tidak login.
4. Browser lumpuh.

PIN Generate Berbeda dengan PIN Cloning...!
Ada juga ahli Blackberry yang suka iseng untuk membuat nomor PIN cantik dan merobah pin BlackBerry mereka dengan software yang sama dan create atau generate PIN nomor cantik.
Setelah generate PIN, mereka dapat menggunakannya BlackBerry Messager seperti biasa. Tetapi, cara mainan ini tidak akan tahan lama karena RIM secara otomatis mengecek servernya dan akan menghapus PIN yang bukan resmi dari mereka dan BBM tidak dapat digunakan lagi.

 Bagaimana kalau ada dua PIN yang sama ?

Dua BB yang punya pin yang sama tentunya akan bentrok dan salah satunya tidak dapat digunakan dengan lancar. Dan Akibatnya PIN SUSPEND....

Jadi kalau anda membeli BlackBerry yang di cloning berarti Blackberry tersebut sudah pernah diSuspend dan pin cloning tersebut tidak akan tahan lama dan beresiko di suspend kembali.

BlackBerry yang dilapor hilang dengan nomor pin dan IMEI akan dicap HILANG ke server RIM yang berlaku ke seluruh dunia maka PIN itu di suspend dan tidak bisa digunakan untuk layanan BlackBerry di seluruh Dunia.

 Jadi tips agar bebas dari BB PIN Cloning dan PIN Suspend adalah :

1. Beli Blackberry Anda dari Dealer resmi bergaransi operator atau distributor.
2. Kalau anda harus beli yang bekas, pastikan anda beli dari toko yg memberi garansi bahwa BB anda bebas cloning.
3. Pastikan nomor PIN dan IMEI di blackberry anda sama dengan yang tercetak di kotak. Caranya, buka menu blackberry, ke options -> status.
4. Daftarkan PIN dan IMEI anda dengan Operator lewat Email Settings.

Untuk urusan PIN + IMEI BlackBerry yang sudah di block oleh pihak RIM
Satu-satunya jalan untuk perbaikan agar PIN nya awet dipakai adalah dengan cara mencari type BlackBerry yang sama yang telah rusak/hancur (tdk mungkin untuk hidup lagi) tentunya yg IMEI + PIN nya masih ori/resmi/valid, nah anda ambil/pakai  PIN + IMEI nya, degan catatan  IMEI valid tadi dipakai pada jenis BlackBerry + Type yang sama. Tentunya anda harus tahu di operator manakah PIN tersebut terakhir di daftarkan/digunakan.

Logikanya adalah menurut saya dipastikan tidak akan terjadi double PIN yang Aktif,
hanya cara ini yang saya lakukan untuk menangani PIN Suspend bisa dikatakan "cloning off difficult" atau "one clone to die" kenapa demikian, karena salah satu harus dimatikan/tidak dipakai & untuk mendapatkan BlackBerry yang rusak/hancur itu sulit/jarang sekali.

Cara ini sudah dilakukan pada puluhan BlackBerry bahkan lebih, kurang lebih satu/dua tahun yg lalu dan sampai saat ini. Belum ada kabar dari para user yg komplen  bahwa pin nya Suspend lagi.

Yang terpenting adalah berpikir dulu dan Anda harus tahu tentang Blackberry PIN (Personal Identifikasi Number).
Bisa saya katakan juga PIN  sama dengan KTP Anda, jangan pernah membeli Blackberry yang memiliki PIN pada posisi diblok (SUSPEND). Mungkin pada satu saat Anda tidak punya uang untuk membeli yang baru, dan anda membeli yang second/bekas. Hati-hati, yang pertama kali selalu harus cek status PIN.
 

Ada sedikit tips untuk mengetahui tentang BlackBerry PIN + IMEI :

1. Pada layar menu Home, klik ikon PILIHAN / OPTIONS
2. Selanjutnya Klik STATUS
3. Ini adalah cara pintas, tekan bersamaan tombol, ALT + CAPS + H
4. Tampilan akan menunjukkan HELP ME yang memenuhi Vendor ID, PIN dan IMEI


 Trik ini untuk mengetahui status Timer masa pakai BlackBerry :
1. Pada layar menu klik PILIHAN HOME
2. Lalu pilih Jenis BUYR
3. Selanjutnya akan ditampilkan DATA & VOICE PENGGUNAAN. Jika nilai adalah 0, berarti BlackBerry masih dalam kondisi baru/belum pernah digunakan. Jika nilai tidak 0, berarti BlackBerry berada pada posisi second/bekas.

dan banyak juga kode-kode rahasia Blackberry yang bisa anda lihat di artikel saya yang dulu

26 comment:

Anonymous said...

mas, Blackberry saya kena suspend.. dan saya sedang mencari PIN + IMEI + BSN (Blackberry Serial Number) yang legal.

bolehkah saya request PIN, IMEI, dan BSN untuk Blackberry Curve 8320 (yang legal tentunya) ?
mohon jika bersedia tolong emailkan ke :

mlabib.ramadhan@gmail.com

Terimakasih (:

Gonks ^_^ said...

Maaf mas saya tidak bisa bantu kalo masalah bb kena suspend ^_^v

Anonymous said...

gan, klo pin bb udah kena suspen, kan klo tsel ada paket internetan biasa bukan paket BIS, msh bisa online gak?

Gonks ^_^ said...

bisa gan lewat aplikasi browser seperti opera, jadi cara kerjanya kayak hape biasa ^_^

Adi said...

Mas saya mo tanya, kebetulan BB saya Curve 8320 kena Suspend. Kebetulan teman punya BB 8310 Matot, dia ngasih saya No PIN sama IMEI nya, setelah saya cek memang masih fresh...PIN + IMEI tersebut sudah saya inject ke dalam BB saya....tapi disini kan supaya layanan BIS bisa berjalan mestinya sinkron antara PIN + IMEI + BSN, saya mau tanya, apa bisa nomor BSN nya kita ta dari BOX atau label belakang battery BB yg rusak itu. Klu bisa di sebelah mana posisinya... trims atas jawabannya brother

mampir blog saya ya bro http://sasakculture.blogspot.com

androidqcc said...

...Servernya Blackberry biasanya anda beli perpaket harian/ mingguan/ bulanan....

server rim mah ga di beli perpaket coy....yg dibeli adalah content service dari provider --" gimana sih, sok IT tapi gini...cari info yang bener dong, baru di publish

dhanny said...

boss...

kalo pin suspend TAPI Imei nya terdaftar resmi di RIM....

kenapa yah jadi suspend pin saya.

sedangkan kalau imei tdk terdaftar bisa mungkin pin nya akan di blokir / suspend...

apakah pin nya bisa digunakan lagi bila imei nya masih resmi di RIM???

Gonks ^_^ said...

@Adi: Setau saya pin yang rusak di inject kan ke bb nya aja udah bisa kok, karena ada teman yang melakukkan itu dan working beneran
@androidgcc: hihihihihi ^_^
@dhanny: ndak bisa bro, karena dalam menggunakan service2nya RIM lebih menggunakan pin dari pada imei

Anonymous said...

mas g mna klau kita terlanjur membeli BB tpi PIN yang di hp gk sama dgn PIN yang di blakang HP jadinya internet gk bisa BBM juga gk bisa, jadi g mna agar PIN yang di belakang hp itu aktif kembali ??

Gonks ^_^ said...

Waduh kalo itu namanya pin suspended bro, jadi bb nya nggak bisa digunakan, coba ente bawa ketukang service bb biar pin nya dikloningkan sama bb yang sudah rusak biar bb ente bisa digunakan lagi dan pinnya nggak suspend lagi

Anonymous said...

kira2 biayanya berapa mas ??
PIN nya nantik tahan gak mas ??

Gonks ^_^ said...

sekitar 150rban, cari service bb yang besar aja, atau km cari info di kaskus.us
masalah tahan nggaknya tu lihat pin yang diinjectkan, tp paling tidak 3 bulan bisa aktif kok pin injectkannya

Anonymous said...

oo, makasih ya mas atas infonya, oya klu kita inject PIN BB tapi BB tu gk aktif lagi yg kita inject, kira2 ntar PIN jadi slamanya ya ??

Gonks ^_^ said...

yupz... benar sekali .... ya sama-sama thanks udah berkunjung, ^_^

Anonymous said...

kenapa sih pin bb bisa di inject? kan kasian orang yg kehilangan bb karna dicolong. walopun dah repot suspend pin tapi si pencuri masih bisa pake tuh bb.

Anonymous said...

mas bisa gak BB yang udh di inject cdma di ganti ke gsm??

Anonymous said...

mas saya mau tanya, kok saya gak bisa cek IMEInya ya? sya beli bb aries 8530 dan di statusnya itu hnya ada info pin dan IMEI tidak ada, ketika dicek pakai *#06# atau ALT-CTRL-H juga gabisa

Gonks ^_^ said...

@anonymous1: lhah tanyanya seharusnya ke RIM bos bukan ke ane ^_^

@anonymous2: bisa saja asalkan bbnya bisa gsm dan cdma

@anonymoous3: kalo CDMA nggak ada imei bos adanya MEID itupun ntar dibagi dua anta MEID heksadecimal dan MEID decimal,,, makanya bb cdma lebih aman dari masalah pin suspend

sky aeen said...

Moga bermanfaat bagi kalian atas pemberitahuan gonks hehe

Anonymous said...

mas kalo untuk MEID di bb cdma ada situs verifikasi seperti international numbering plans ga? thanks bgt ya atas pencerahannya.

Anonymous said...

mas aku baru beli bb torch 9800 second tapi dy masih ada garansi Berrindo Q-TEL , masalahnya pas aku cek IMEI di numbering plans kata"nya : NOTE : An invalid IMSI number has been entered. pas aku cek di telkomsel.blackberry.com jg ada tulisan invalidnya. yg aku heran padahal bb ini dibelinya udah 1 tahun lalu sm pemegang pertamanya seharga 5,6 juta dan di toko resmi BB dan masih ada bill'nya . apa ini blackberry PIN'nya suspend ya?
tolong di jawab ya, aku bingung banget soalnya.

tukar ilmu said...

kalau bb cdma biar bisa di cek di numbering plan gmn ya ??
kan adanya meid bukan imei

Anonymous said...

agan, BB saya 8320. Pinnya kepala 3, katanya kalo PIN kepala 3 itu Pin kloning ya? terus saya cek di Numbering plans keterangannya
"Note: Please check the IMEI number. No manufacturer could have ever produced a handset with this IMEI number."

jaedi hidayat said...

knp bb 9300 saia dapat sms bb rejeck dan bb saia mati.walawpun di instal ulang tp gak bs bertahan lama dan mati.apa yang harus saia lakukan????

Anonymous said...

Bro, kalo punya bb trus ga diaktifin bbm nya, akan suspend sendiri ga? Atau brp bulan bisa mjd suspend? Apakah solusi dibuat paket bbm sehari trus di nonaktifkan lagi itu suatu solusi spy tdk suspend? Mhn pencerahan, trmksh

Roli Supiawan said...

mantab banget tips nya gan...
kunjung balik ya : http://www.sharing-infokuliah.com/

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

 
Powered by Blogger