Cara Membuat Antena Bazzoka

Internet Berkembang pesat dinegara ini. Setiap harinya selama 24 jam Warnet dan sarana penyedia layanan internet selalu ramai oleh pengunjung. Dan mungkin Tips berikut ini dapat membuat anda untuk sedikit kreatif jadi dapat memanfaatkan jaringan 3G yang tersedia diPonsel/ HandPhone/Modem (jika ada) anda untuk berinternet ria dengan mudah dan tidak kalah dengan kecepatan diwarnet atau manapun. Disini saya akan mensharekan cara membuat antena bazzoka penguat sinyal 3G.
Langsung saja saya masuk kecara pembuatannya :
Ini bahan-bahan yang dibutuhkan:

1. Pipa paralon 4 dim panjangnya 60 cm catatan : paralon panjangnya bisa dibawah 60cm. batas minimal >23 cm, aku pake ukuran 50 cm biar nggak terlalu panjang.
2. Tutup/Dop paralon 4 dim lakban Aluminium ( harga lumayan mahal karena harus beli 1 roll..) ,
3. Usb extention / Kabel perpanjangan USB ( harganya sekitar 4-5 ribuan )
4. Peralatan tuk membuat antena (gergaji besi yang kecil, cutter, bor kecil tuk melubangi bag usb)

Cara Pembuatannya:
1. siapkan pipa 4 inch, lalu potong sepanjang 50 cm, boleh lebih atau kurang, panjang antara 23
- 60 cm. berikut gambar nya:

 2. Lubangi pipa pralon pada posisi 6.8cm untuk memasukan USB modem 3G. pakai cutter pada lubang USB untuk memastikan bahwa modem USB 3G dapat kita masukan ke lubang USB di pipa pralon. Lapisi seluruh permukaan pipa pralon menggunakan lakban aluminium.



3. Lubangi lakban aluminium pada posisi 6.8cm tempat USB modem 3G akan di masukan. Lapisi pinggiran lubang USB modem 3G dengan lakban aluminium agar nantinya ground USB modem 3G akan bersentuhan dengan lakban aluminium.


4. Siapkan dop pipa 4 inch untuk menutup pipanya. beri isoalasi alumunium pada bagian dalam nya hingga merata , supaya dapat kontak danterhubung langsung dengan body paralon bagian luar. lubangi bagian tengahnya untuk tempat mur dan baut. yang nantinya digunakan untuk di pasang di tang atau tower

5. tutup pipa paralon dengan dop nya hingga benar -benar rata, ingat harus rata ,jika tidak maka jarak antara lubang usb dengan pangkal dopnya berubah.

Begitulah cara pembuatannya dan yang tersulit dalam hal ini adalah  proses pointing(pencarian sinyal)...mesti membutuhkan kesabaran. cari sinyal yang terkuat. selamat mencoba.
Semoga Bermanfaat ^_^


24 comment:

Rino fahreza said...

kurang jelas nih....
ada petanyaan nie!
1. tutup paralon nya 2 to 1 ja
2. diatas dijelskan bahwa akan digantungkan di tiang/tower, apa itu betul?
mengapa tidak menggunakan wajan/kuali yang sering dilakukan?

Gonks ^_^ said...

hihihihi . .. begini mas, , ,
1. tutup 2 buah, yang satu dikasih baut yang satunya tidak perlu.
2. ini yang tipe bazzoka mas kalo pakek wajan itu namanya wajan bolic nah yang ini tidakperlu wajan hanya butuh paralon,tutup 2,baut+mur, dan juga kabel.
terimakasih komennya ^_^

phadip said...

bagaimana buat antena penguat 3G untuk modem internal di netbook, apa sama caranya? mohon infonya, terima kasih;;)

Gonks ^_^ said...

Setau saya ndank bisa karena konektor penghubung antena ke modem ndak ada dan bila dipaksakan ya mungkin malah membuka chasing laptop . . ^_^

faris said...

lubang usb modem yg diparalon itu untuk keseluruhan usb modem atau pangkal usb modem yg terhubung ke kabel usb extention saja? klau hanya untuk pangkal usb modem yg terhubung dengan kabel usb extention saja kan pangkal usb modem AHA huawei EC167 berbeda dengan pangkal usb modem lainya. klo bleh tau, no tlp agan brp, biar saya hubungi bila saya ada waktu untuk membuat antena bazzoka

Gonks ^_^ said...

hanya pangkal usb dari modemnya itu saja, kemarin saya juga pernah mencoba menggukan modem aha juga yang olive dan itu malah menguntungkan karena modemnya bisa ditekuk kedalam (arah pangkal paralon). Silahkan ditambah eksperimen pribadi pasti lebih asyik ^_^

Anonymous said...

pakde..
bisa ditampilkan antara tidak memakai antena dan memakai antena....???

dengan itu bisa diketahui % kenaikan kecepatan..

Anonymous said...

klu pake handphone modem smart yg bukan EVDO bisa ga ya..??



dijawab ya....

Gonks ^_^ said...

wah kalau tampilan saya ndak bisa kasih karena sudah nggak pakek gituan, dan kalau handphone smart yang bukan evdo menurut pengaman teman saya lumayan menambah kecepatan dan kestabilan tapi sekali lagi maaf saya tidak bisa memberi screenshoot nya

Anonymous said...

wah gak ada screenshot sama aja OMDO. tidak bisa di pertanggung jawabkan. masuk akal tapi gak ada bukti sama aja OMDO. cuman talk more do less ...

Gonks ^_^ said...

screenshot apa nih bos??? judulnya kan cara membuat antena bazokka trus itu sudah ada screenshot tahap pembuatannya,,, trus minta screenshot apalagi???

uudh2o said...

@atas, mungkin maksudnya screenshoot hasil perubahan koneksi kali mas antara pakai bazoka / tanpa bazoka,
biar nanti saya praktekin n nanti saya kasih screenshootnya kesini, tp nunggu jadi dlu yah :)
thx juga buat mas yang udah bikin tutor kaya gini,
ijin praktek:)

Anonymous said...

letak usb modemnya didalam atau diluar Paralon?

Gonks ^_^ said...

@uudh20: siipppp monggo dicoba ^_^
@anonymous: USB nya diletakkan didalam posisinya, karena asumsinya didalam adalah tempat berkumpulnya gelombang sinyal yang lebih teratur

Anonymous said...

mur dan baut fungsinya bwat apa boss

Gonks ^_^ said...

mur dan baut itu gunanya untuk menempelkan antena pada penyangga yang saya buat dari pipa yang saya lubangi. . . .

Es Cendol said...

batas maksimal panjang kabel dari antena ke modem atw komputer berapa meter sob

Gonks ^_^ said...

Untuk masalah maksimal panjang kabelnya berapa ane kagak bisa mastiin gan, yang jelas waktu ane coba dengan panjang kabel 4 meter masih lancar namun setelah ane coba dengan 8 meter kabel dengan menyambungkan lewat konektor usb kualitas hasilnya menurun ^_^

Anonymous said...

mas brooo
klo pake antena bazzoka, panas modemnya stabil apa cepet panas????

usmanio said...

Apa bazooka tersebut ngga sangat berbahaya bila sedang terjadi petir ?kalo saya masih pake cara sederhana dan murah menggunakan keping cd yg di belah dan modem nya berada pas di tengah lobang Cd tsb(tentunya pake ekstension usb kabel).signal Cdma maupun Evdo dari modem Aha sangat bagus,padahal rumah saya di kampung.cuma kalo kuota 1 Gb sudah terpakai otomatis kecepatanya menurun dan ini ngga bisa di akalin lagi, kecuali dengan isi pulsa lagi.

Gonks ^_^ said...

Selama saya pakek ndak ada bahaya apa2 om, karena sifatnya hanya mengumpulkan dan mengfokuskan gelombang saja kok,,,, iya om ane juga pernah pakek CD dan sendok dan sekarang ini lagi nyobak lagi dari tralis almunium dan alhamdulillah sinyal kuat modemnya pun adem ayem nggak panas ^_^

Faiz Authar said...

gan usb modem bisa di masukin kan

Anonymous said...

modem nya di letak an di dalam pipa atau di luar pipa boss

adyva said...

fungsi lakban alumunium itu apa ?
kalo gapake itu gapapa ?

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

 
Powered by Blogger