Instalasi Mail Server di Windows Server 2003


Ini sebenernya tugas dari bapak dosen Computer Network dikampus,tapi apa salahnya bila saya coba untuk meng-share ke teman-teman semua.
Pertama harus install Email Service kalu belum ada, caranya :
masukan cd installernya: terus klik Start->Programs->Administrative Tools->Manage Your Server terus pilih Add or remove a role, ntar muncul Configure Your Server Wizard, klik next aja yaks :)
Akan muncul macem2 server role, kita pilih Mail Server (POP3, SMTP), nta kita di suruh masukin authentication method sama domain namanya, masukin aja Windows Authentication karena kita ntar bikin mailbox=account windows, kenapa? biar kita bisa set quotanya gitu loh ….
Kalu udeh klik next aja yak, tungguin aja sampe selesai n’ klik finish
Nah sekarang kita setting email servernya, Klik Start | Programs | Administration Tools | POP3 Service or start | run n’ ketik p3server.msc sama aja kok :)
Nah muncul nama servernya, terus klik kanan pilih properties
1. Untuk Authentication Method kita pilih Local Windows Accounts, kenapa? karena biar user yg nanti kita buat = user yg ada di windows jadi lebih enak seting dan securitinya dan gampang buat quotanya
*** Active Directory Integrated, kalu milih ini agak ribet coz musti setting Active Directory domain ,Encrypted Password File sama juga, Active Directory Integrated ini juga
2. Server Port, kita pake default aja 110 karena gag pake macem2
3. Logging Level ini buat log kalu aq pilih minimum biar hardisk gag lowbet
4. Root Mail Directory, kalu default ngk apa2, tapi biar secure di partisi laen aja coz kalu c: crash email kita ngk ilang :), tapi ada peraturannya neh: jangan buat di dir system eg. C:/mail, aq rekomen pake yg system ntfs
5. SPA, ini buat keamanan email server dg email client, kalu di enable maka client pas out di email cliet ngrim user n’ passwdnya di enrypt
Kita buat mailbox yuks …
klik nama domain yg udeh di buat di awal tadi, nah akan muncul di kanan add mailbox, klik aja. masukan nama mailboxnya, centang Create bla … .. .. klik OK, jadi dech :)
Nah sekarang seting SMTPnya yaks …
buka Computer Management, Services and Applications, expand Internet Information Service
click kanan pada Default SMTP Virtual Server n klik Properties, tab Access, klik Authentication button n’ pastikan Anonymous Access n’ Integrated Windows Authentication udeh enabled, clik Relay button dan Allow all computers successfully… enabled n’ jadi dech !
Selamat mencoba ^.^


2 comment:

Download Musics said...

nice info

Lowongan Kerja | HHRMA Bali said...

perlu di coba ni gan.

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

 
Powered by Blogger