Cara Belajar Pemrograman

" Pemrograman " adalah suatu kata yang terkadang membawa kita ketingkat imajenasi dan pemikiran yang tinggi. Semua itu karena kejlimetan dan kesulitan didalamnya namun akan terasa puas bila kita bisa mengakhiri peng"coding"an dengan berhasil . Ada metode cepat menguasai bahasa pemrograman, yaitu :

1. Pertama kali dan yang terpenting adalah Anda harus KONSENTRASI. anda harus konsentrasi pada tujuan anda dalam mempelajari program. Apa sih program? Untuk apa sih saya membuat program? Itu adalah pertanyaan yang harus anda cari jawabannya. Tapi ada 2 buah hal pokok jawaban dari pertanyaan ini. Anda harus memberikan jawaban dengan mencari literatur di internet sebagai bahan bakar dan anda harus meresapi arti dari program kedalam otak anda.
2. Sebenarnya, dalam bahasa apapun yang ingin anda kuasai, percayalah, pasti ada hal terpenting dari hal penting dalam bahasa itu. Hal terpenting itulah yang harus anda garis bawahi, itulah yang harus anda pelajari. Dan setelah anda mengetahui hal terpenting itu maka carilah buku yang menjelaskan tuntas tentang itu.
3. Apa sih “hal terpenting” dalam bahasa pemrograman itu? Jawabnya: anda harus mempelajari Struktur Bahasa, Sintak Dasar (cara pengetikan bahasa program), Tipe Data, dan Cara Membuat Prosedur / Fungsi. Sedikit bukan?
4. “Loh bagaimana dengan yang hal penting lainnya?”, jawabnya: Anda harus tahu bahwa pemrograman juga hampir sama dengan kebutuhan manusia, ada kebutuhan Primer, Sekunder dan Tersier. Nah, pada point 3 tadi adalah kebutuhan primernya. Jadi, kalau anda ingin lebih kaya pengetahuan akan bahasa pemrograman tersebut, silakan anda memperluasnya dengan kebutuhan Sekunder dan Tersier melalui literatur, tutorial dan buku yang banyak beredar.
5. Dan terakhir adalah, PRAKTEK. Karena tidak mungkin semua yang ada dimuka bumi ini muncul dengan sendirinya, pasti ada yang membuatnya begitu juga program. Ada pepatah “tak ada kerja tak ada produk“.
6. Produktif,inovatif dan Kreatif lah dalam segala hal di kehidupan…
7. Semoga bermanfaat ... ^_^

5 comment:

Anonymous said...

Boleh-boleh

Anonymous said...

tnk's for this post ..

Pratama Wijaya said...

boleh dicoba nie. . :D

Gonks ^_^ said...

Yups sama-sama dan mari belajar . . . Salam belajar ^_^

DagoSearch said...

belajar pemrograman dasar bisa lewat dago developer syntax. alamat di http://dagosearch.com/syntax.php , trus sroll mouse ke bagian bawah, ada link namanya "dago developer syntax". klik linknya. dago developer syntax adalah tempat latihan buat yang ingin belajar pemrograman, syntax yang dipakai oleh dago developer ada pemrograman web dan pemrograman desktop. silahkan belajar disana.

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

 
Powered by Blogger